Selasa, 28 April 2015

REFLEKSI 5



MEDIA PEMBELAJARAN

Salah satu aspek yang menunjang dalam proses pembelajaran yang penting dalam proses pendidikan adalah media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar. Pemanfaatan media seharusnya merupakan bagian yang harus mendapat perhatian guru dalam setiap kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu guru perlu mempelajari bagaimana menetapkan media agar dapat mengefektifkan pencapaian tujuan pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Media digunakan dalam proses pembelajaran untuk menyalurkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan belajar sehingga secara sengaja proses belajar memiliki tujuan dan terkendali.

Teknologi yang dapat dijadikan sebagai alat alternatif dalam proses belajar tersebut adalah komputer. Bukan tidak mungkin peserta didik di sekolah dasar saat ini telah dikenalkan komputer. Dengan bantuan teknologi komputer dapat dibuat suatu media pembelajaran yang menyenangkan dan dapat membangkitkan kerja-kerja indra peserta didik. Pemanfaatan teknologi komputer dapat mempermudah dan menjelaskan materi yang begitu beragam dan memberi contoh konkret. Komputer juga dapat membuat peserta didik belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatan dalam memahami pengetahuan dan informasi yang ditampilkan.

Belajar menurut teori konstruktifisme, bahwa dalam proses belajar siswa adalah pelaku aktif kegiatan belajar dengan membangun sendiri meningkatkan proses pembelajaran dan merubah isi pembelajaran, serta memberikan kegiatan yang menumbuhkan rasa keingintahuan siswa. Dengan pembelajaran konstruktifime, pembelajaran tidak terpusat pada guru atau pengajar.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar